Maverick Vinales, Rajai MotoGP Qatar

0
214
images : www.gomotogp.id

Maverick Vinales, rider yang sejak tes pramusim menyedot perhatian, keluar sebagai juara di MotoGP Qatar, di Sirkuit Losail, Mingu (26/3) malam atau Senin (27/3) dini hari WIB. Namun kemenangan yang diraih pembalap Movistar Yamaha berusia 22 tahun ini, tidak didapatkan dengan mudah.

Balapan sempat ditunda karena faktor lintasan dan cuaca yang kurang bersahabat. Setelah hampir setengah jam, race akhirnya dimulai. Dari 22 lap, dipangkas hanya 20 lap saja.

Dari posisi kedua, Andrea Iannone melesat saat start meningalkan Vinales. Namun belum sampai tikungan kedua, rookie MotoGP yang musim lalu juara Moto2, Johann Zarco yang memimpin balapan. Zarco, Iannone, Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Vinales dan…Valentino Rossi.

Empat rider terdepan sedikit membuat jarak dengan Vinales dan Rossi.

Cuma tujuh lap, Zarco harus mengakui seri pertama ini belum rezekinya. Rider Prancis itu jatuh, padahal dia sukses membuat gap sekitar satu detik dengan pembalap di belakangnya.

Usai Zarco out, Dovi, Marquez dan Iannone langsung mengegeber habis-habisan. Vinales dan Rossi tak mau ketinggalan.

Iannone akhirnya juga harus out saat berada di tempat kedua, pada lap sebelas. Marquez, Dovizioso dan Vinales yang semakin memepet, bersaing di bagian depan. Rossi di belakang Vinales, juga makin galak.

Vinales akhirnya menuntaskan duel dengan Marquez dan meninggalkan si juara bertahan, yang motornya tampak mulai kehabisan tenaga. Tak lama, Rossi pun ikut menyalip Marquez.

Duel sengit terjadi antara Dovi dan Vinales. Dovi dengan Ducati-nya tampak selalu lebih cepat saat trek lurus. Sementara Vinales juga berkali-kali berhasil melewati Dovi saat menuntaskan penetrasi di tikungan.

Dovi, Vinales. Vinales, Dovi. Pertarungan ketat dua rider ini akhirnya dimenangkan Vinales. Dovi kedua, Rossi ketiga.

Vinales menjadi juara usai menyelesaikan 20 lap dengan 38 menit 59,999 detik. Dovi hanya berjarak 0,461 detik di belakangnya. Sementara Rossi yang melengkapi podium, finis satu detik 928 detik di belakakang Vinales. (adk/jpnn)

LEAVE A REPLY