Forum Humas Badan Usaha Milik Negara (FH-BUMN) dengan dukungan dari Kementrian BUMN kembali mengelar Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) BUMN 2016 yang akan dilaksanakan mulai 21 November 2016 sampai 4 Desember 2016 di Jakarta.

Ini merupakan penyelenggaraan PORSENI BUMN ke-9, yang akan diikuti oleh 118 kontingen BUMN. Banyaknya jumlah kontingen yang mengikuti ajang PORSENI BUMN 2016 kali ini, diprediksi akan membuat persaingan menjadi lebih ketat.

Terlepas dari ketatnya persaingan antar kontingen, PORSENI BUMN 2016 diadakan sebagai ajang silaturahmi antar BUMN.

logo-porseni-bumn-2016Semangat pelaksanaan pesta olahraga dan seni insan BUMN tercermin dari logo PORSENI BUMN 2016. Logo ini dibagi dalam dua area warna. Area berwarna biru bermakna cabang olahraga, sementara area berwarna merah bermakna kesenian. Di antara kedua area tersebut, terdapat tiga garis yang berwarna merah, hijau dan biru. Ketiga garis tersebut bermakna tiga pilar PORSENI BUMN 2016 yang menyatukan semua kegiatan ini, yaitu sportivitas, kerjasama dan totalitas.

Warna dan motif yang ada di logo PORSENI BUMN 2016 terinspirasi oleh berbagai motif kain tradisional Indonesia. Beberapa motif yang menginspirasi tersebut diantaranya motif kain batik Pekalongan dari Jawa, kain Kalimantan, kain Bali, kain Sumatera dan Papua. Jika disederhanakan, terdapat lima warna dalam logo tersebut, yaitu hijau, biru muda, oranye, merah dan coklat.

Selain mencerminkan semangat dan tujuan PORSENI, logo ini juga mengangkat budaya Indonesia yang beragam namun bersatu untuk membangun Indonesia.

“PORSENI BUMN diharapkan dapat menjadi ajang kompetisi dan sarana mempererat silaturahmi antarkaryawan BUMN dan Kementerian BUMN dengan mengedepankan prestasi dan sportivitas,” ungkap Ponki L Kardono selaku Ketua Penyelenggara Porseni BUMN 2016.

Terdapat sembilan cabang olahraga dan lima cabang kesenian akan dipertandingkan dalam PORSENI 2016 BUMN ini. Kesembilan cabang olahraga tersebut yaitu sepakbola, futsal, basket, bulutangkis, tenis meja putra, tenis meja putri, bowling, tenis lapangan, dan bola voli. Sementara itu, lima cabang kesenian yang akan dipertandingkan dalam PORSENI BUMN 2016 yaitu kompetisi Duta BUMN, vokal grup, stand-up comedy, tarian daerah, serta band.

Namun tidak ada olahraga golf dalam ajang PORSENI BUMN 2016, golf sendiri merupakan olahraga paling populer di kalangan karyawan BUMN. Hal ini diamini oleh Teddy Poernama sebagai Sekjen FH-BUMN.

Saat diwawancarai oleh tim cepamagz Teddy mengakui bahwa FH-BUMN sudah punya keinginan sejak lama untuk memasukkan golf sebagai salah satu olahraga yang dipertandingkan di ajang PORSENI BUMN. Namun ada beberapa pertimbangan yang membuat golf akhirnya tidak dimasukkan dalam olahraga yang dipertandingkan dalam PORSENI BUMN 2016.

Namun, Kementrian BUMN tetap melakukan turnamen golf diluar dari PORSENI BUMN 2016 yang akan dilaksanakan di Royale Golf Jakarta pada 4 Desember bertepatan dengan closing ceremony PORSENI BUMN 2016.

Sementara itu, opening ceremony PORSENI BUMN 2016 akan dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno yang dilakukan di halaman gedung Kementrian BUMN pada 27 November 2016.

Acara opening ceremony sendiri akan diawali dengan kegiatan funwalk 5k dengan diikuti oleh Menteri BUMN, atlet berkebutuhan khusus, dan masyarakat umum.

Berlangsungnya PORSENI BUMN 2016 ini tidak terlepas dari perhatian dan dukungan penuh dari sejumlah BUMN, antara lain: PLN, Pertamina, Bank Mandiri, Bank BRI, Pegadaian, Telkom, PGN, Hutama Karya, dan sinergi BUMN-BUMN yang lainnya turut serta berpartisipasi dalam mendukung acara ini.

Tahun ini, FH-BUMN juga mempersiapkan laman khusus PORSENI BUMN 2016 dengan alamat: http://porsenibumn2016.fhbumn.or.id  Keberadaan laman ini diharapkan dapat menjadi portal utama pemberitaan, sarana informasi bagi para calon peserta, serta sarana sosialisasi dari penyelenggaraan event ini.

(pr/khs)

LEAVE A REPLY