“ Perlukah gaya Ferguson . . . . ??? ”, setiap manager mempunyai gaya tersendri dalam upaya membangun team yang solid. Seperti halnya Sir Ferguson selama lebih dari satu dekade dalam membidani Manchester United.

Alex Ferguson 6

Belajar dari kota di bagian tengah selatan, Britania Barat Laut.

Disana terdapat sebuah klub sepakbola yang sudah lebih dari 10 tahun terakhir ini mendominasi kompetisi dinegeri Ratu Elisabeth tersebut, dan bahkan bisa disebut sebagai salah satu klub terbaik didunia dengan segudang prestasinya. Klub tersebut adalah Manchester United “MU”, dan semua tahu bahwa dibalik sukses MU adalah seorang Sir Alex Ferguson, tambahan naman ‘Sir’ diberikan oleh kerajaan Inggris karena prestasinya membawa MU menjadi team dengan segudang prestasi, meski diketahui bahwa Ferguson bukanlah orang Inggris, tapi Skotlandia.

Alex Ferguson

Ferguson terkenal dengan “killer” nya dalam membangun dan mempertahankan keutuhan team nya, tak segan-segan pemain baguspun akan dia tentang jika akan mempengaruhi keutuhan teamnya. Dia pula mampu meramu kekuatan anak-anak muda didikan akademi MU dengan pemain senior dan bintang yang sudah ada, menjadi team yang sangat ditakuti di liga Inggris.

Peran Ferguson sangat dominan dalam keutuhan team, dia tahu benar kebutuhan teamnya, seorang bintang David Bechkam saja, dia tendang dari team nya ketika dirasa mulai mengganggu keutuhan team, dan masih banyak kasus pemain lainnya.

Tak ada salahnya jika organisasi kita atau bahkan negeri ini perlu mencontoh, bagaimana Manchester United mengelola team sepakbolanya dan usaha dalam skala lebih luas. Bagaimana mereka menyiapkan generasi muda untuk menjadi bagian dari team, serta penekanan terhadap Ferguson sebagai seorang leader.

Alex Ferguson 3

Untuk membangun sebuah team yang solid dalam sebuah organisasi, selain diperlukan dukungan sumber daya manusia yang handal dan kompeten  dibidang dan areanya masing-masing, maka peran manager atau leader manager sangat diperlukan untuk memastikan dan menjaga harmonisasi dan keutuhan team. Team works harus didudukan dan lebih menjadi tanggungjawab seorang leader. Sebaliknya organisasi harus dapat memberikan kepercayaan kepada leader untuk mengatur dan mengelola organisasi. Dari seorang leader, lingkungan organisasi yang kondusif dan harmonis dapat diwujudkan untuk mencapai tujuan akhir organisasi. Bagaimana dengan organisasi anda ….???
BAM